[Joke] Solusi Banjir Jakarta dan Kota Lainnya

Banjir lagi banjir lagi…. Kerendem lagi kerendem lagi…. Tapi uniknya ada beberapa fakta menarik tentang banjir ini (tak hanya jakarta, mungkin semua tempat yg terkena banjir) :

Yang pertama, pernahkan anda melihat “korban” banjir yang di liput media (terutama foto di media cetak) mengekspresikan dirinya sedih? Kebanyakan tidak, mungkin mereka “menikmati” benca banjir itu (tapi kayanya lebih ke arah pasrah bukan menikmati :P).

Yang kedua, kebanyakan para korban banjir ini tidak mau di relokasi karena berbagi alasan terutama alasan sosial – ekonomi. Sehingga terucap “gak apa-apa pak kalo dalam setahun kebanjiran 2 minggu mah, yang penting deket ketempat kerja, lagian saya udah puluhan tauh tinggal disini, mau pindah juga gk punya dana.

Lalu apah sich sebenernya Bajir itu? apa definis banjir itu? Kalau kata wikipedia.org. Banjir adalah peristiwa terbenamnya daratan oleh air. Peristiwa banjir timbul jika air menggenangi daratan yang biasanya kering. (http://id.wikipedia.org/wiki/Banjir, 20 Desember 2010, 23 : 15 WIB)

Kalau bahasa sederhananya, Banjir adalah Ketika tinggi permukaan air tidak sesuai dengan  yang kita inginkan. Sebagai contoh sederhana bila kita sedang di kolam renang, dengan ketinggian permukaan air setinggi dada pun tidak dikatakan banjir (sebuah perumpamaan yang sedikit konyol haha).

Jadi sebenaranya ada solusi termudah untuk mengatasi banjir di jakarta dan sekitarnya ini, ya itu dengan mengajukan peraturan pemerintah atau undang-udang atau apa pun itu yang disahkan secara resmi dan legal oleh pemerintah yang isinya mengatakan bahwa;

Jakarta dan kota lainnya baru bisa dikatakan / dikategorikan banjir bila permukaan air mencapai tinggi 2 meter  atau lebih dan apabila tinggi air tidak mencapai 2 meter tidak bisa dikatakan sebagai banjir.

Setelah itu bisa diterapkan permerintah perhatikan apa yang terjadi,  (gaya ngomong mario teguh) bahwa tak bisa dielakan lagi kalau jakarta dan kota lainnya kemungkinan bisa terbebas dari banjir. Sebuah solusi sederhana yang tak memakan banyak biaya ( tapi solusi yang gitu deh…. namanya juga joke 😛 ).

best regards arie.widiaputra

2 comments
  1. jd kalo tinggi air 1,99m belum bs dikatakan banjir ya? kasian banget..

    • Namanya juga joke… :p

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: