Win Win Solution

Win win solution merupakan sebuah problem solving yang belakang cukup populer dimasyarakat. Mulai dari perusahan besar, organisasi profit, organisasi non profit dan masih banyak lainya mungkin sudah banyak diantar mereka menggunakan konsep win win solution ini. Sedangkan saya mengenal konsep win win solution ini ketika saya duduk di bangku Sekolah Mengan Atas sempat mengikuti sebuah pelatihan ke-organisasian yang membahas tentang win win solution.

Seingat saya (CMIIW) konsep dasar dari win win solution itu adalah pemecahan masalah secara bersama demi tercapainya suatu tujuan yang dianggap  menguntungkan bagi kedua belah pihak.

Nah, belakangan ini di kota yang saya tempati (Bandung) sedang ada problem mengenai sampah (untuk kedua kalinya loh ?!), problem ini berawal ketika warga di sekitaran TPA (Tempat Pembuangan Akhir) Sarimukti memblokir akses jalan, sehingga truk-truk pengangkut sampah tidak bisa melawatinya. TPA Sarimukti ini menerima beban sampah dari warga sekitaran Kota Bandung, Kota Cimahi dan Kabupaten Bandung.

Dan ketika akses jalan di tutup, terjadi penumpukan sampah dan efek-efek negatif  lainnya bermunculan sebagian atau mungkin kebanyakan warganya hanya bisa “menuntut” pemerintah untuk bertindak cepat tanpa ikut membantu.  Bukan berarti disini seakan saya “membela” pemerintah, tetapi saya hanya mencoba untuk ikut peduli dan menjalankan win win solutin tersebut.

Di zaman yang serba moderen dan serba “online” kita dapat dengan memudah mendapatkan informasi tanpa dibatasi oleh ruang dan waktu. Dan apabila kita bisa sedikit “cerdas” untuk memanfaatkanya banyak sekali eduksi gratis yang bisa kita dapatkan mengenai penanggulangan per-sampahan atau masalah lingkungan lainnya.

Berikut ini beberapa link komunitas yang concern di bidang edukasi “persampahan” / lingkungan :

Berikut ini beberapa link artikel menarik mengenai solusi “persampahan” :

Kesimpulannya sebelum kita banyak “menuntut” pemerintah untuk menuntuskan sampah akan lebih baik apabila kita turut serta mengelola sampah mulai dari rumah kita dengan semampu kita. Toh media eduksi tentang hal itu sudah banyak dan dengan mudah kita jumpai. Dan tak terelakan lagi bahwa win win solution itu dapat terwujud dengan berbagai cara tergantung mau cara mana yang kita pilih. *cheers*

best regards arie.widiaputra

2 comments
  1. Wow Nice Post!

    Pooja

    MLM Developers India

    http://mlmdevelopers.com/products/mlm-software/corporate-mlm-soft/feature.html

    • thnx🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: