Seberapa Pentingkah Website Bagi Suatu Badan Publik?

Sebelumnya saya pernah membuat blogpost tentang Bermanfaatkah memiliki website dan atau blog? , seperti yang telah saya uraian di blogpost tersebut bahwa inti dari manfaat memiliki website/blog bagi personal antara lain adalah sebagai aktualisasi diri dan personal branding. Namun bagi suatu Badan Publik seberapa pentingkah memiliki Website? terutama setelah disahkannya Undang-Undang No 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (bagi yang ingin download bisa cek disini).

Tujuan dibentuknya UU KIP (Keterbukaan Informasi Publik .red) ini adalah untuk menjamin hak masyarakat mendapatkan informasi dalam rangka penyelenggaraan negara yang terbuka, partisipatif dan akuntabel terhadap kebijakan negara/publik termasuk penggunaan anggaran.

Dalam UU KIP, Informasi adalah keterangan, pernyataan, gagasan, dan tanda-tanda yang mengandung nilai, makna, dan pesan, baik data, fakta maupun penjelasannya yang dapat dilihat, didengar, dan dibaca yang disajikan dalam berbagai kemasan dan format sesuai dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi secara elektronik ataupun nonelektronik (Bab I Pasal 1 Ayat 1).

Lalu ada juga yang disebut dengan Informasi Publik, Informasi Publik adalah informasi yang dihasilkan, disimpan, dikelola, dikirim, dan/atau diterima oleh suatu badan publik yang berkaitan dengan penyelenggara dan penyelenggaraan negara dan/atau penyelenggara dan penyelenggaraan badan publik lainnya yang sesuai dengan UndangUndang ini serta informasi lain yang berkaitan dengan kepentingan publik (Bab I Pasal 1 Ayat 2).

Sedangkan Badan publik itu sendiri adalah, Badan Publik adalah lembaga eksekutif, legislatif, yudikatif, dan badan lain yang fungsi dan tugas pokoknya berkaitan dengan penyelenggaraan  negara, yang sebagian atau seluruh dananya bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara dan/atau Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah, atau organisasi nonpemerintah sepanjang sebagian atau seluruh dananya bersumber dari Anggaran  Pendapatan dan Belanja Negara dan/atau Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah, sumbangan masyarakat, dan/atau luar negeri.  (Bab I Pasal 1 Ayat 3).

Setelah tahu apa itu Informasi, Informasi Publik dan Badan Hukum, terlintas pertanyaan apa yang menjadi korelasi dari ini semua? Telah dijelaskan bahwa informasi ada dua jenis yaitu informasi yang bersifat elektronik dan nonelektronik yang disajikan dalam berbagai kemasan dan format sesuai dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, sedangkan website itu sendiri merupakan salah satu media penyedia informasi berformatkan elektronik, maka sudah dapat dipastikan bahwa website merupakan salah satu item penting bagi suatu badan publik. Tetapi sayang fakta yang ada menunjukan bahwa masih banyaknya badan publik yang masih kurang memperhatikan hal itu bahkan apabila memiliki website pun masih terkesan asal jadi dan ogah-ogahan untuk memliharanya

Padalah dalam UU KIP itu disebutkan tentang hak-hak mendapatkan informasi publik, seperti pada Bab II, Pasal 2, Ayat 3 yang berbunyi : Setiap Informasi Publik harus dapat diperoleh setiap Pemohon Informasi Publik dengan cepat dan tepat waktu, biaya ringan, dan cara sederhana. Serta untuk lebih rinci tentang hak dan kewajiban pemohon dan pengguna informasi publik dapat membaca pasal 4 sampai pasal 8. Dan apabila suatu badan publik masih seakan ogah-ogahan memelihara websitenya dan menyebabkan tidak terenyediakan, tidak memberikan, dan/atau tidak menerbitkan Informasi Publik berupa Informasi Publik secara berkala, Informasi Publik yang wajib diumumkan secara serta-merta, Informasi Publik yang wajib tersedia setiap saat, dan/atau Informasi Publik yang harus diberikan atas dasar permintaan sesuai dengan Undang-Undang ini, dan mengakibatkan kerugian bagi orang lain dikenakan pidana kurungan paling lama 1 (satu) tahun dan/atau pidana denda paling banyak Rp5.000.000,00  (lima juta rupiah). (kutipan bab XI pasal 52).

Sekarang giliran anda yang menilai, seberapa pentingkah badan publik mempunyai/mengelola website dengan baik? terutama berkaitan dengan Undang-Udang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik. *cheers*

IMHO, CMIIW.

best regards arie.widiaputra

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: