Perubahan Mindset Pengelolaan Data & Informasi di Instansi Pemerintahan

Di era globalisasi yang serba dijital dan instan ini, tak bisa dihindari lagi bahwa penguasaan data dan informasi sangatlah penting. Siapa yang lebih banyak menguasai data dan informasi dialah yang bisa dikatakan sebagai leader-nya. Begitupun hal yang terjadi dikebanyakan instansi pemerintahan, dimana orang-orang “tua” dengan paradigmanya berfikir kalau dia memegang suatu data dan informasi tanpa orang lain tahu maka selama itu pula dia akan dibutuhkan. Namun sebetulnya paradigma ini bisa menjadi bumerang bagi si pemenggang data dan informasi itu atau malah bagi instansi dimana dia berada.

Bayangkan dengan jaman yang serba dijital dan instan ini, kebutuhan akan mendapatkan data dan infromasi pasti akan lebih cepat dan seolah setiap orang yang membutuhkan itu menjadi “tidak sabaran”. Apa jadinya apabila ada seorang peminta data atau informasi membutuhkan data atau informasi itu secara cepat, sedangkan pemilik dasa dan informasi itu hanya satu orang dan kebetulan sedang tidak ada ditempat, apakah dia masih dibutuhkan ketika dia tidak ada di tempat walau dia pemenggang data atau informasi satu-satunya? Iyah, dia masih dibutuhkan, tetapi dia menjadi tidak tepat guna, dan itu bisa menjadi suatu kesalahan yang fatal.

Maka disinilah perlunya perubahan mindset, yang awalnya “Menguasai Data dan Informasi secara eksklusif itu penting karena selama itu juga dia bakali dibutuhkan secara berkelanjutan” menjadi “Setiap orang bisa memiliki Data dan Informasi, tetapi siapa yang bisa mengolah/mengelola Data menjadi Informasi hebat/berguna itulah yang dibutuhkan”

best regards arie.widiaputra

CMIIW

 

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: